Teknik Pembuatan Media Pembelajaran
Pembuatan Media Grafis
A. Membuat Flipchart
1. Pengertian
Flipchart adalah lembaran-lembaran kertas yang membentuk album atau kelender yang berukuran 50x75cm, atau ukuran yang lebih kecil 21x28cm sebagai flipbook yang disusun dalam urutan yang diikat pada bagian atasnya. Dalam penggunaannya dapat dibalik jika pesan pada lembaran depan sudah ditampilkan dan digantikan dengan lembaran berikutnya.
Flipchart hanya cocok untuk pembelajaran kelompok kecil yaitu 30 orang sedangkan flipbook untuk 4-5 orang. Flipchart merupakan salah satu media cetakan yang sangat sederhana dan cukup efektif.
Penyajian informasi flipchart berupa :
• Gambar
• Huruf
• Diagram
• Angka
2. Kelebihan Flipchart
 Mampu menyajikan pesan pembelajaran secara ringkas dan praktis
 Dapat digunakan di dalam ruangan atau luar ruangan
 Bahan pembuatan relatif murah
 Mudah dibawa kemana-mana (moveable)
 Meningkatkan aktifitas belajar siswa
3. Cara Mendesain Flipchart
a. Tentukan Tujuan Pembelajaran
b. Menentukan Bentuk Flipchart
c. Membuat Ringkasan Materi
d. Merancang Draf Kasar (Sketsa)
e. Memilih Warna yang Sesuai
f. Menentukan Ukuran dan Bentuk Huruf yang Sesuai
4. Cara Menggunakan Flipchart
a. Mempersiapkan diri
b. Penempatan yang tepat
c. Pengaturan siswa
d. Perkenalkan pokok materi
e. Sajikan gambar
f. Beri kesempatan siswa untuk bertanya
g. Menyimpulkan materi

B. Membuat Flashcard
1. Pengertian
Flashcard adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25x30cm. Gambar-gambarnya dibuat menggunakan tangan atau foto atau memanfaatkan gambar yang sudah ada yang ditempelkan pada lembaran-lembaran flashcard.
Gambar-gambar yang ada pada flashcard merupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan setiap gambar yang dicantumkan pada bagian belakangnya. Flashcard hanya cocok untuk kelompok kecil siswa tidak lebih dari 30 orang siswa.

2. Kelebihan Flashcard
a. Mudah dibawa-bawa
b. Praktis
c. Gampang di ingat
d. Menyenangkan
3. Cara Pembuatan
 Siapkan kertas yang agak tebal untuk menyimpan atau menempelkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
 Kertas tersebut diberi tanda dengan pensil atau spidol dengan menggunakan penggaris
 Potong-potong kertas tersebut hingga tepat berukuran 25x30cm
 Kertas tersebut dialasi dengan kertas halus untuk menggambar
 Mulailah menggambar dengan alat tulis, apabila telah selesai kemudian ditempelkan pada alas tersebut
 Gambar yang sudah ada ditempelkan dengan menggunakan lem atau perekat
 Beri tulisan pada bagian kartu-kartu tersebut sesuai dengan nama objek yang ada di depannya
4. Persiapan Penggunaan
• Mempersiapkan diri
• Mempersiapkan flashcard
• Mempersiapkan tempat
• Mempersiapkan siswa
5. Cara Menggunakan
 Kartu-kartu yang sudah ada disusun setinggi dada dan menghadap kedepan siswa
 Cabutlah satu persatu kartu tersebut setelah guru selesai menerangkan
 Berikan kartu-kartu yang telah diterangkan kepada siswa yang duduk didekat guru
 Letakkan kartu-kartu tersebut didalam sebuah kotak secara acak

C. Membuat Flanelgraf
1. Pengertian
Flanelgraf adalah media pembelajaran yang berupa guntingan-guntingan gambar atau tulisan yang bagian belakangnya dilapisi ampelas. Guntingan tersebut ditempelkan pada papan yang dilapisi flanel yang berbulu sehingga melekat. Ukuran papan flanel adalah 50x75cm, dipergunakan untuk pembelajaran kelompok kecil 30 orang.

2. Kelebihan
 Gambar mudah dipindahkan
 Gambar dapat diganti-gantikan
 Pembelajaran di setting sesuai dengan kebutuhan

3. Cara Pembuatan
• Siapkan papan yang berfungsi untuk menempelkan gambar-gambar
• Siapkan papan flanel yang berbulu atau karpet kemudian gambar ditempelkan dengan menggunakan paku atau lem
• Siapkan gambar-gambar yang akan ditempelkan pada papan flanel tersebut
4. Persiapan Penggunaan
 Persiapan diri
 Siapkan peralatan
 Siapkan tempat penyajian
 Siapkan siswa
5. Cara Menggunakan
 Mulailah penyajian dengan bercerita terlebih dahulu
 Libatkan siswa dalam penyajian
 Menilai alat dan penyajian
D. Membuat Bulletinboard
1. Pengertian
Media bulletinboard adalah papan yang khusus digunakan untuk mempertunjukan contoh-contoh pekerjaan siswa, gambar, bagan, poster dan objek dalam bentuk tiga dimensi. Pada umumnya bulletinboard berukuran 160x80cm.
2. Kelebihan
 Menciptakan minat belajar dan berkarya pada diri siswa
 Membangkitkan rasa memiliki bersama dan bertanggung jawab bersama
 Mendorong siswa untuk berkarya dan menciptakan produk, berinisiatif memecahkan masalah
 Sarana berkompetisi
3. Cara Pembuatan
• Papan di cat dengan warna yang sesuai dilapisi papan flanel
• Diberi cat warna-warni dan pinggirnya diberi bingkai
• Berilah judul yang menarik dengan warna yang mencolok serta ukuran yang besar
• Kumpulkanlah bahan-bahan tersebut kemudian tempelkan sesuai dengan fungsinya